FASI Paralayang adakan Sumedang Paragliding Championship 2021

Standard Post with Gallery
Standard Post with Gallery

JAKARTA (24/8). FASI Paralayang akan mulai menggerakan aktivitasnya dengan mengadakan Sumedang Paragliding Championship (TRoI Seri 1) tahun 2021. Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 3-5 September mendatang di Sumedang, Jawa Barat. Selain di Sumedang, TRoI Serie 1 ini juga akan digelar di Bukit Gracia Skyline, Jayapura, Papua.

Event Paralayang pertama di tahun 2021 ini, merupakan kolaborasi antara Federasi Aero Sport Indonesia, PGPI Bidang Paralayang, TRoI Foundation, dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Kabupaten Sumedang serta TNI-AU.  Kegiatan ini menggusung konsep Hybrid, yakni kegiatan yang dilakukan secara offline dan online.

Menurut ketua Paralayang Indonesia yang juga Event Director TRoI Serie 1, Wahyu Yudha, pelaksanaan secara offline dan online, karena mempertimbangkan kondisi pandemik Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya untuk membangkitkan kembali Cabang Olahraga Paralayang di masa pandemik. Oleh sebab itu, kita memilih untuk menggunakan konsep Hybrid, yakni penggabungan kegiatan Offline dan juga Online”, ujar Wahyu Yudha.

Pelaksanaan kegiatan secara offline adalah pelaksanaan kegiatan secara fisik, namun dengan pembatasan jumlah orang, dan pelaksanaan kegiatan secara online (di lokasi lain), sebagai pembatasan pergerakan. Pemenang lomba  merupakan kompilisasi nilai dari dua lokasi kegiatan ini, yakni Sumedang dan Jayapura.

Menurutnya, sistem penilaian online dengan menggunakan sebuah aplikasi yang dirancang sendiri para pelaku paralayang di Indonesia, dinamakan Online Paragliding Festival (OPF).

Sementara, untuk nomor nomor lomba akan dipertandingkan adalah Ketepatan Mendarat Perseorangan (KTM) Senior Putra Putri, KTM Perseorangan Junior Putra Putri, KTM Kategori TNI dan Polri Putra Putri serta Festival Kategori Tandem.

Kejuaraan yang hanya mempertandingkan nomor perorangan ini, memperebutkan Kapuspotdirga Cup dan Bupati Sumedang Cup, dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp. 57.000.000,-, setiap pemenang mendapatkan medali, piagam penghargaan, dan juga Trophy pemenang.

Biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah dengan mentransfer ke rekening Fasi Paralayang, Bank BCA, Rekening nomor 478-188-1818, dan dibuka mulai 25 hingga 31 Agustus secara online melalui http://www.paragliding.web.id/public/events.

Rapat Tekhnis kejuaraan ini akan dilaksanakan melalui zoom meeting pada 3 September 2021, mulai pukul 19.00 wib, dan dibatasi hanya satu jam.

“Diingatkan, pada pendaftaran ulang secara fisik, peserta wajib menunjukkan minimal sertifikat Vaksin dosis pertama dan keterangan bebas Covid-19 paling tidak swab antigen. Ini mutlak bagi semua peserta kejuaraan,” ungkap Wahyu Yudha.

HIR (PG1777)

Bagikan Berita ini:

Berita Terkait: